Menu

Wednesday, June 16, 2010

Langkah Agar Diet Sukses


Berusaha menurunkan berat badan tapi menemukan kendala? Coba lakukan trik-trik berikut untuk menjamin diet Anda kali ini sukses. Teh Oz Garcia, ahli nutrisi dan penulis The Truth About Beauty: Transform Your Looks and Your Life From the Inside Out mengatakan, hindari kopi, perbanyak minum teh.
Teh, yang kaya akan flavonoid amat sehat untuk tubuh. Tak masalah jenisnya, teh hijau, hitam, atau putih. Teh memiliki kandungan antioksidan yang sangat kuat dan bisa memerangi kerusakan sel tubuh, serta bisa mengurangi risiko penyakit jantung, serta kanker. Sarapan Mungkin Anda yang jarang sarapan pikir sarapan adalah jam makan yang tak penting, padahal justru sebaliknya.
Sarapan adalah waktu makan yang paling penting. "Ketika Anda pergi tidur, tubuh harus terus menjaga agar Anda bisa terus hidup, proses ini memakan kalori," terang Kristin Kirkpatrick, manajer Cleveland Clinic Lifestyle 180 program. Karenanya, di pagi hari, Anda perlu mengembalikan kekuatan tubuh. Tubuh akan membantu tubuh dan pikiran berfungsi lebih baik sepanjang hari dan mendorong metabolisme tubuh untuk membakar kalori lebih banyak.

Kurangi ukuran piring Mulailah untuk membiasakan ukuran porsi makanan Anda sehari-hari. Biasakan untuk mengambil makanan dengan porsi yang dikurangi dari biasanya. Jika perlu, mulailah hanya menggunakan piring kecil untuk mengambil makanan agar tertakar makanan Anda. "Orang-orang akan mulai merasa lebih kenyang ketika ia membiasakan diri untuk makan dengan piring yang lebih kecil," ujar Kirkpatrick. Bermain dengan warna Kirkpatrick menyarankan untuk membiasakan diri menyiapkan makanan dengan beragam warna. Mengapa? Ternyata, makanan berwarna alami dan bermacam-macam memiliki konsentrasi vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi, dan dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat. Bandingkan saja apel merah dengan keripik kentang dengan warna yang pucat. Asalkan jangan memilih makanan dengan warna terang akibat zat pewarna buatan. Berhenti terobsesi dengan kalori Dawn Jackson Blatner, juru bicara the American Dietetic Association menyarankan untuk menggunakan aturan 25-25-50. Artinya, 25 persen dari piring Anda sebaiknya diisi dengan protein, seperti daging ayam atau kacang-kacangan, 25 persen lainnya, diisi dengan pasta whole grain, nasi merah, atau kentang panggang, lalu 50 persen lainnya diisi dengan sayuran. Sayuran penuh akan nutrisi, kaya akan vitamin dan mineral, tapi rendah kalori. Camilan sehat Camilan sehat harusnya memenuhi kebutuhan nutrisi dan membuat perut kenyang. Camilan yang tak sehat, tidak bernutrisi dan tidak mengenyangkan. Blatner, pengarang The Flexitarian Diet
mengatakan, untuk camilan sehat, disarankan untuk mengkonsumsi apel, almon, pir, keju rendah lemak, wortel, dan buah lainnya. Hindari makanan camilan tak sehat, seperti kue, permen, keripik, dan setipenya. Air Kita semua tahu, air baik untuk kita. Air putih bisa membantu pencernaan, menjaga level energi, menguragi berat badan, dan bahkan menjaga bentuk tubuh. Banyaknya jumlah air yang sebaiknya Anda minum tergantung dari usia, aktivitas, dan faktor lain. Yang pasti, anak-anak dan orang dewasa yang sehat harus minum seusai jam makan dan di antara jam makan. Untuk mengetahui apakah asupan air Anda sudah cukup, cek urin Anda. Kuning pucat berarti bahwa Anda sudah cukup minum air. Jika warnanya pekat, atau jarak Anda buang air seni lebih dari 4 jam, artinya Anda kurang air minum.

No comments:

Post a Comment