Menu

Tuesday, June 8, 2010

Mengetahui Statistik Pengunjung Blog

Bagi Anda yang baru membuat blog, mungkin merasa penasaran, sebenarnya ada enggak sih orang yang mengunjungi blog yang Anda buat. Nah ada alat menarik yang dapat membantu mengatasi rasa penasaran Anda tersebut, kita dapat menggunakan jasa Hit Counter atau Stat Counter. Salah satu penyedia jasa Hit Counter yang terkenal dan menarik fitur-fiturnya adalah Histats.

Selain mengetahui jumlah pengunjung, Histats juga dapat menunjukkan kepada kita berapa pengunjung yang online, berapa jumlah halaman yang dibaca baik secara total maupun harian. Bahkan jika kita ingin mengetahui pada jam-jam berapa sih pengunjung tersebut datang, dengan Histats kita dapat melihatnya. Kita juga dapat menelusuri lebih jauh mereka mengetahui blog kita dari mana, misal dari website atau search engine. Jadi misalkan Anda ingin menguji alat promosi apa yang paling efektif digunakan, misalkan melalui iklan baris, forum,atau mailing list. Dengan Histats, kita dapat memperoleh jawaban atas pertanyaan tersebut.

Bila situs dan artikel Anda sudah dapat disearch di search engine, Anda juga dapat melihat melalui kata kunci apa pengunjung datang ke blog Anda, dengan demikian dapat diketahui artikel mana yang paling menarik atau artikel mana yang teknik SEO-nya sudah baik sehingga dapat menempati urutan atas di search engine. Bahkan Anda juga dapat mengetahui dari negara mana saja pengunjung Anda berasal. Menarik sekali bukan?

Nah Anda tertarik untuk menempatkan Histats di situs Anda? Silakan masuk ke http://www.histats.com, kemudian klik register untuk mendaftar. Seperti biasa isikan email, password, secret question, dan secret answer Anda. Kemudian Anda dapat mulai mendaftarkan situs Anda. Masukkan site url (alamat url), title (judul blog Anda), description (penjelasan tentang gambaran blog Anda), pages view start value , visitors start value , type (pilihannya website, blog, my space/Hi5/Friendster. Jika Anda ingin mendaftarkan blog maka pilih blog) , caterogy (tentang apa situs ada, general, personal website, adult, music, atau lainnya) , language (pilih English). Kemudian klik continue.

Untuk pages view start value dan visitors start value tergantung Anda, apakah mau mengisinya dimulai dari angka 0, 100, 1000, atau angka lainnya (maksimal 10.000.000). Hal ini tentunya tergantung dari umur blog Anda. Kalau masih benar-benar baru dan jumlah artikelnya masih sedikit isi aja dengan angka 0 atau perkiraan jumlah pengunjung yang telah datang sebelum Anda memasang Histats ini. Untuk blog lama yang artikel dan pengunjungnya sudah ramai tapi baru mau menggunakan Histats mungkin karena baru tahu akan fitur-fiturnya yang menarik, Anda dapat menset sendiri akan dimulai dari angka berapa dengan memperkirakan jumlah halaman yang telah dilihat dan pengunjung yang telah mengunjungi situs Anda.

Sekarang Anda dapat memilih Histats seperti apa yang akan Anda tampilkan di situs Anda, ada banyak sekali pilihan, baik dari segi bentuk warna, apakah Anda mau yang animated counters, (bentuk unik, hanya menampilkan pages), counters 1 line (menampilkan pages/ berapa halaman yang dilihat / dibaca pengunjung), counters 2 line (menampilkan pages dan visits), counter 3 line (menampilkan pages, visits, visits today), atau counter 4 line (menampilkan pages, visits, visits today,online) atau Anda hanya ingin menampilkan icon histats ? Ada juga pilihan text counters dan invisible counter. Silakan pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

Setelah Anda menentukan pilihan, misal counters 3 line, tapi Anda masih belum puas dengan pilihan warna yang ada, klik choose a counter from this category. Akan terbuka jendela baru dengan lebih banyak pilihan variasi warna. Pilih yang sesuai dengan keinginan Anda, mungkin dapat juga disesuaikan dengan background warna templete situs Anda. Beri titik pada pilihan histats Anda, kemudian klik continue. Kemudian Anda dapat memilih site info apa saja yang ingin ditampilkan pada Histats Anda. Setelah selesai klik continue lagi. Tunggu 20 detik untuk proses updating. Copy javacript code yang tertera di sana dengan cara membloknya kemudian tekan ctrl+C.

Sekarang kita menuju blogger, untuk menempatkan kode Histats tersebut, seperti biasa kita masuk pada tata letak, elemen halaman, tambah gadget, kemudian klik tanda + pada HTML/JavaScript. Untuk judul terserah mau diisi Histats atau dikosongkan, pada kolom konten, tekan ctrl+v, maka kode yang telah Anda copy tadi akan tercantum di sana. Jangan lupa klik simpan. Sekarang di blog Anda sudah terdapat Histats, Anda dapat mengatur penempatannya dengan menggeser menarik-turunkan mouse pada gadget dan kolom yang tersedia sesuai templete blogger Anda. Setelah selesai klik simpan, lihat blog.

Nah di blog Anda sudah tersedia Histats, silakan memanfaatkannya untuk lebih mengoptimalkan situs Anda. Bila Anda ingin masuk ke Histats, tinggal klik ada icon yang ada di blog Anda, maka Anda akan langsung dibawa ke website Histats, Anda dapat mulai mempelajari karakteristik pengunjung dengan mengarahkan mouse pada traffic, referer, visitor, special, site list, atau account. Di masing-masing icon ada menu lagi, tinggal dipilih apa yang ingin Anda pelajari. Misalkan tentang kata kunci yang mengarahkan pengunjung ke situs Anda dapat dilihat di referer, search engine. Nah selamat praktek.

No comments:

Post a Comment