Menu

Wednesday, June 16, 2010

Menstabilkan Berat Badan


Anda selalu gagal menurunkan berat badan, meskipun sudah mencoba berbagai cara? Coba simak cara yang dilakukan oleh David Gunarni, pemenang The Biggest Loser Asia yang berhasil menurunkan 83 kg bobot badannya dalam waktu 5 bulan itu.

1. Tidak pantang makanan Anda tidak harus pantang makan makanan favorit Anda. Porsi dan ukurannya saja yang harus dikurangi. Jika nafsu makan Anda tidak terkontrol, maka mulailah mengurangi secara bertahap. ''Dulu saya makan tujuh kali sehari. Kemudian saya mengurangi jadi 4-3 kali sehari,'' ujar David. Ia tetap bisa makan nasi padang (makanan favoritnya), namun nasi dan dagingnya dikurangi porsinya.
2. Makan tidak lebih 2000 kalori per hari Menghitung berapa kalori makanan yang Anda asup setiap hari memang susah. Namun yang jelas, junk food atau makanan cepat saji adalah makanan yang paling banyak mengandung kalori. Begitu juga dengan popcorn ukuran jumbo yang Anda nikmati saat menonton film, salad dressing atau mayones yang melimpah ruah di atas salad dan burger Anda, mentega, atau aneka keripik dan kerupuk.
3. Rajin olah raga Olahraga yang paling mudah membakar kalori adalah latihan kardio, contohnya jogging, jalan kaki, aerobik, atau bersepeda. David menghabiskan 4 - 12 jam dalam sehari untuk berolahraga. Tentu Anda tidak perlu seekstrem itu. Frekuensi olahraga yang disarankan adalah tiga kali seminggu, dengan masing-masing sesi selama 30 menit hingga 1 jam.

4. Atur makanan bergizi Contohnya, untuk sarapan sereal, oatmeal, dan buah. Makan siang: nasi merah atau roti gandum, dengan ayam atau daging, dan sayur. Sedangkan untuk makan malam bisa sup, ikan, dan salad. Jangan lupakan buah dan sayuran dalam menu harian Anda, serta banyak minum air putih (air yang netral tanpa tambahan gula).
5. Hindari minuman berkarbonasi Anda senang minum minuman manis? Kurangi takarannya. Jika semula Anda menggunakan 2 sendok makan gula untuk secangkir teh, kurangi jadi 1 sendok teh saja. Minuman bersoda atau berkarbonasi juga mengandung kalori yang bisa membuat berat badan naik.
6. Berlatih bersama Latihan sendirian mungkin akan memupuskan semangat Anda. Ajak teman Anda untuk ikut serta, atau segera cari teman baru bila Anda memilih ke gym. Kehadiran teman bisa mengurangi kebosanan saat berlatih, sehingga waktu yang lama pun jadi tidak terasa.
7. Latihan otot (beban) Setelah berat badan menyusut, umumnya kulit akan mengkerut dan menggelambir. Imbangi
dengan latihan untuk mengencangkan otot agar kulit kembali kencang. ''Saya tidak menggunakan operasi untuk membuang sisa kulit yang mengerut, cukup latihan otot,'' ujar David.

No comments:

Post a Comment