Menu

Friday, June 18, 2010

Cara Menggunakan Waktu Dengan Tepat

1. Waktu adalah penyeimbang yang luar biasa. Tak peduli siapa Anda,
berapa uang yang Anda punya, atau dimana Anda hidup di muka
bumi ini, kita semua memiliki waktu 24 jam yang sama dalam 1 hari.
Waktu anda adalah sumber yang sangat berharga. Jangan pernah
sia-siakan waktu.
2. Benda-benda yang berserakan di rumah dapat memperlambat
langkah Anda dengan cara mengalihkan perhatian dari apa yang
sebenarnya ingin Anda lakukan. Untuk mengontrolnya, bersihkan,
dan tata rapi semua benda-benda setiap kali Anda selesai melakukan
suatu pekerjaan.
3. Apakah Anda seringkali merasa khawatir dengan apa yang belum
Anda lakukan? Jangan membuang-buang waktu dengan selalu
merasa gelisah memikirkan berapa banyak waktu yang akan Anda
habiskan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Merasa gelisah
akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan hanya menghabiskan
energi saja. Pilih satu pekerjaan yang membutuhkan banyak
pergerakan, selesaikan dan beri penghargaan atas usaha Anda.
Menyelesaikan sesuatu dan kemudian mendapat penghargaan, akan
membuat Anda merasa lebih baik.
4. Apakah Anda selalu tiba di kantor setiap pagi dengan merasa lelah
karena harus banyak melakukan persiapan sebelum meninggalkan
rumah? Siapkan keberangkatan Anda pada malam hari sebelumnya.
Taruhlah jaket, kopor, kunci mobil di dekat pintu dengan posisi siap
dibawa. Aktifkan alarm Anda 15 menit lebih awal. Dengan demikian,
Anda akan memulai hari Anda dengan lebih baik.
5. Jika Anda tidak ingin melupakan tugas-tugas yang harus Anda
lakukan di beberapa hari mendatang, maka tulislah di dalam buku
catatan / agenda. Jangan hanya mengingatnya di kepala. Setelah
menulisnya, Anda bisa melupakannya. Sekarang, Anda bisa
konsentrasi untuk pekerjaan lain yang lebih penting.
6. Apa pemandangan yang terlihat dari meja kerja Anda? Tembok
kosong? Halaman luar? Ataukah orang-orang yang mondar-mandir?
Pemandangan dalam ruang kerja Anda adalah penting.
Pemandangan tersebut haruslah kondusif untuk bekerja dan bukan
yang dapat mengganggu kinerja Anda. Jika Anda harus memandang
tembok yang kosong dan terasa kering, tidakkah lebih baik
menggantinya dengan foto yang lebih besar atau pemandangan yang menyejukkan? Selalu usahakan untuk mencari pemandangan yang
sesuai dengan ruang kerja Anda.

7. Berapa harga dari 1 jam Anda? Jika Anda memiliki gaji tahunan,
pernahkan Anda menghitung upah per jam Anda? Pernahkah terpikir
untuk membayar orang lain dengan lebih murah dibandingkan
dengan upah Anda untuk pekerjaan yang kurang Anda sukai?
Dengan cara ini Anda akan memiliki banyak waktu untuk
mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang memberi bayaran lebih
kepada Anda.
8. Jika Anda menghabiskan 10 menit setiap hari hanya untuk mencari
barang-barang yang lupa dimana menaruhnya, maka Anda
membuang lebih dari 60 jam setiap tahun. Mulai sekarang, rapikan
barang-barang Anda di tempat yang mudah terjangkau.
9. Agar selalu merasa lebih segar dan mencegah stres, Anda perlu
melakukan senam setiap hari. Jika Anda melakukan dengan teman,
maka itu akan lebih baik. Stress dan badan yang tidak segar hanya
akan menghambat pekerjaan dan membuang banyak waktu Anda.
10. Catat daftar reward (penghargaan/hadiah) yang Anda inginkan
dalam buku catatan. Tuliskan semua. Jadi ketika suatu saat Anda
menginginkan memberi suatu penghargaan untuk diri sendiri, Anda
hanya perlu membuka buku catatan untuk melihat daftar reward
yang Anda inginkan.

No comments:

Post a Comment