Menu

Thursday, June 17, 2010

Mendapat Komisi Jualan Online

Pernah mendapat komisi dari usaha menjualkan barang atau jasa orang lain, alias jadi calo? Kalau pernah mengalaminya di dunia nyata, di dunia virtual hal semacam itu menjadi lebih mungkin lagi. Pilihan barang atau jasa yang bisa anda bantu menjualkannya pun bisa dibilang tak terbatas. Asyiknya lagi, Anda bisa memilih barang atau jasa mana saja yang ingin anda jual dan dapatkan komisinya. Yang dirasa tak menguntungkan, bisa Anda tinggalkan kapan saja dan begitu saja.
Affiliate marketing. Itulah nama resmi untuk kegiatan bisnis yang disebut di atas. Konon, terminologi pemasaran itu baru muncul ketika internet atau world wide web marak digunakan orang. Dan diakui pula bahwa affiliate marketing itu merupakan salah satu terobosan metode pemasaran abad ini. Setara kelasnya dengan temuan metode pemsaran yang bernama penjulan secara kredit, sewa beli, multi-level-marketing, dan metode-metode yang sejenisnya.

Met ode marketing baru ini --yang dipelopori Amazon.Com-- dengan cepat disukai banyak orang yang ingin mendapatkan penghasilan, utama ataupun ekstra. Penyebabnya tak lain adalah kemudahan dan kepraktisan dalam menerjuni bisnis ini. Yang harus Anda lakukan hanyalah menjual produk atau jasa pihak lain melalui website Anda. Kongkritnya, Anda hanya perlu memasang logo, banner, foto atau gambar produk, atau teks nama produk yang ingin dijual pada website Anda.
Jika bergabung menjadi affiliate di Amazon.Com misalnya, yang Anda lakukan hanyalah memasang foto atau nama produk yang dijual di Amazon pada website Anda. Atau bisa juga sekedar memasang logo Amazon. Selanjutnya, bila produk tadi diklik, orang akan dibawa ke halaman yang berisi detail produk bersangkutan. Jika kemudian produk itu dibeli, maka Anda akan dicatat sebagai orang yang telah ''berjasa'' dalam menjualnya, dan akan memperoleh komisi.
Amazon terbilang sukses dengan program affiliate-nya itu. Kesuksesan ini mendorong --bukan toko online lainnya-- untuk menggelar program affiliasi. Caranya dengan membuat website yang berfungsi sebagai gudang segala produk atau jasa yang ingin di-affiliate-program-kan. Dengan kata lain, website ini menjadi perantara antara ''merchant'' (pemilik produk) dengan para affiliate. Dengan begitu, seorang affiliate tidak perlu menjadi affiliate bagi setiap toko, yang tentunya akan merepotkan karena teramat banyaknya jumlah merchant, melainkan cukup menjadi anggota di website perantara tadi. Sedangkan bagi merchant, mereka jadi tak perlu melakukan investasi untuk menyiapkan infrastruktur yang diperlukan untuk menangani para affiliate.
Sala h satu dari sekian banyak perantara yang ada dan yang terbilang besar adalah Commision Junction atau biasa disingkat CJ.Com. Dengan menjadi anggota di sana, orang bisa menjadi affiliate bagi banyak merchant. Merchantnya bisa berarti produsen barang, toko, atau pun website lain yang ingin mendapatkan pengunjung.
Ban yak hal yang menyebabkan CJ disukai para affiliate. Salah saltu alasannya adalah, jumlah merhant yang bergabung amat banyak, yang menyediakan jutaan produk untuk Anda bantu jualkan. Produk atau jasa apapun yang Anda bayangkan biasa dijual di internet, pasti ada di CJ, kecuali yang %@!#$&o.
Alasan lain diminatinya CJ --dan ini yang lebih penting bagi para netpreneur-- adalah CJ menjadi pihak yang mengumpulkan seluruh komisi yang Anda peroleh. Para merchant membayar ke CJ, CJ lalu membayar ke Anda. Dengan begitu, bila Anda menjadi affiliate bagi banyak merchant, komisi yang Anda peroleh bakan lebih cepat besar nilainya. Bila sudah mencapai jumlah yang Anda inginkan, misalnya 50 dolar, barulah CJ akan mengirimkannya kepada Anda via cek.
Bagaimana agar bisa mendapat komisi besar? Sama saja dengan di dunia nyata. Anda mesti memilih produk yang Anda yakin bakal laku atau disukai orang. Selanjutnya, Anda juga mesti getol mempromosikan website Anda, agar website Anda lebih banyak dikunjungi orang, dan selanjutnya para pengunjung itu Anda giring untuk menyimak dan membeli produk yang Anda ingin dapatkan komisinya.

No comments:

Post a Comment