Menu

Thursday, June 17, 2010

Membuat Homepage

Siapa bilang membuat homepage itu susah? Yang bilang susah atau sulit, pasti-lah tukang desain web. Yang benar adalah: membuat homepage itu gampang. Bahkan, dalam waktu hanya lima menit saja, Anda pasti sudah bisa membuatnya. Begini cara cepat untuk membuatnya. Pertama, tak usah pusing memikirkan program apa yang harus digunakan untuk membuat homepage. Sebab, halaman web itu pada dasarnya tidak beda dengan teks atau naskah yang biasa kita ketik. Karenanya sunguh tepat kalau penemunya dulu menyebutnya sebagai HTML atau hipertext mark-up language. Arti sederhananya, teks yang di-hiper-kan. Kalau sempat mengalami era ketika masih harus mengetik dengan WordStar atau Chi-Write (atau juga Xy-Write), Anda takkan menemukan kesulitan untuk membuat halaman web atau html. Kode-kode yang dipakai, misalnya untuk menebalkan hurup atau untuk menandai paragraf, nyaris sama. Lalu, haruskah kita memamakai WordStar dan sejenisnya lagi? Tak perlu. Langkah tercepat adalah --kalau Anda memakai Windows (versi manapun)-- membuka program Notepad atau teks editor simpel lainnya. Hanya dengan bermodalkan Notepad ini, Anda bisa membuat homepage sehebat dan sebagus apapun. Percaya-lah. Langkah berikutnya adalah menuliskan kode, atau lazim disebut html tag, yang memungkinkan naskah atau teks biasa terbaca oleh browser. Kode yang dibutuhkan untuk membuat homepage pada dasarnya hanya empat kode saja.

Yakni: , , , . Hanya bermodalkan empat kode ini saja, homepage Anda sudah bisa dipamerkan di internet. Kalau perlu ada tambahan, paling-paling hanya dua kode berikut ini: dan . Kembali ke Notepad yang sudah Anda buka, tuliskan keempat kode tadi pada baris yang berbeda, secara berurutan, dari baris baris pertama hingga baris ke-empat. Berikutnya, masukkan naskah yang sudah anda buat (atau tulis saja langsung kalimat pendek) di antara baris ke-dua dan ke-tiga. Contohnya seperti yang berikut ini: Bikin homepage itu gampang. Bikin homepage itu gampang. Bikin homepage itu gampang. Bila sudah, simpan tulisan di Notepad tadi, dan beri nama filenya dengan akhiran html, misalnya: homepage.html. Berikutnya, buka file tersebut dengan menggunakan browser Anda. Yang akan muncul pada browser hanyalah naskah atau teks di atas tadi (Bikin homepage itu gampang......). Sedangkan kode-kodenya tidak muncul. Nah, itulah halaman web. Gampangkan? Selanjutnya, yang perlu Anda camkan kuat-kuat adalah keempat kode tersebut 'harus ada' di setiap halaman web yang anda buat, agar bisa terbaca dengan baik oleh browser Anda. Bagaimana dengan kode dan yang tadi juga disebut-sebut? Yang dua ini tak lain adalah kode untuk memisahkan paragraf yang anda tulis (p = paragraf). Bila misalnya naskah atau tulisan Anda terdiri dari beberapa paragraf, maka letakkan kedua kode tadi pada setiap paragraf. Caranya, letakkan kode
pada awal paragraf, sedangkan kode ditempatkan di akhir paragraf. Contohnya: Bikin homepage itu gampang. Bikin homepage itu gampang. Bikin homepage itu gampang. Bikin homepage itu gampang. Bikin homepage itu gampang. Bikin homepage itu gampang. Bikin homepage itu gampang. Bikin homepage itu gampang. Bikin homepage itu gampang. Bikin homepage itu gampang. Bikin homepage itu gampang. Bikin homepage itu gampang. Bikin homepage itu gampang. Bikin homepage itu gampang. Bikin homepage itu gampang. Bikin homepage itu gampang. Bikin homepage itu gampang. Bikin homepage itu gampang. Silakan coba hal itu pada file html anda tadi dan buka lagi dengan menggunakan browser. Maka anda akan melihat naskah dengan paragraf-paragraf yang terpisah seperti halnya anda melihat paragraf pada naskah tutorial ini. Nah sekarang, bagaimana kalau Anda ingin menghubungkan atau me-link beberapa naskah yang Anda punya, atau membuat satu halaman menu dan beberapa halaman yang berisi naskah? Lagi-lagi jawabnya gampang. Gunakan saja kode hiperlink. Contohnya begini: Naskah1 Naskah2 Naskah3 Ganti nama file dan nama link dengan nama file yang anda buat, lalu lihat lagi dengan menggunakan browser. Hasilnya adalah seperti kalau Anda melihat link yang umumnya ada di berbagai homepage atau website. Selesai. Silakan kirim ke homepage anda di internet. Nggak ada lima menit 'kan? Ekstra... Ekstra... Heading Kalau sudah mahir dengan belajar 5 menit tadi, tak ada salahnya kalau Anda menyisihkan sedikit lagi waktu untuk menyimak cara membuat heading untuk halaman web Anda. Heading adalah bagian dari halaman web yang fungsinya untuk membantu browser atau search engine dalam mengenali halaman web Anda. Karena sifatnya sekedar membantu, heading ini --meski perlu-- tidak wajib ada. Heading umumnya berisi title atau judul halaman web (untuk dibaca browser), deskripsi (description), dan keyword (untuk dibaca search engine). Kode atau html tag untuk heading adalah dan . Heading ini ditempatkan di bagian atas halaman web yang Anda buat, setelah kode dan sebelum kode . Contohnya seperti yang berikut ini. Endonesia.Com -- Cara Cepat Bikin Homepage Title akan muncul pada top bar browser. Sebagai contoh, Anda bisa melihat top bar browser Anda sekarang ini. Jika title tidak dibuat, yang akan muncul di top bar adalah nama file. Description dan keyword tidak muncul, tapi akan dideteksi oleh search engine. Ada tidaknya kedua hal ini akan menentukan posisi halaman website Anda pada sebuah search engine. Semakin baik Anda membuat keyword dan search engine, maka peluang website Anda muncul pada hasil search di sebuah search engine akan semakin besar. Karena membuat heading ini tidaklah sulit, amat disarankan Anda membuatnya pada setiap halaman web Anda. Dengan begitu, halaman web Anda jadi lebih sempurna.

No comments:

Post a Comment