Menu

Thursday, June 17, 2010

PHP dan MySQL

Belajar PHP dan MySQL tidaklah sulit. Asalkan mau membaca tutorial seputar kedua hal tersebut, tak perlu ikut kursus macam-macam, dalam waktu seminggu Anda sudah jago. Endonesia Dot Com punya tutorialnya? Tidak. Tapi, kalau memang mau belajar, Endonesia Dot Com amat-sangat merekomendasikan agar Anda membaca dua tulisan berikut ini (bahasa Inggris). Keduanya gampang dan cepat dipahami, serta praktis untuk diterapkan.
•Build Your Own Database Driven Website using PHP and MySQL, oleh Kevin Yang. Bisa dibaca di SitePoint.Com< /a>. Tulisan ini merupakan 4 bab pertama dari buku dengan judul yang sama yang sudah diterbitkan oleh Kevin Yang.
•PHP 101, oleh Vikram Vaswani dan Harish Kamath. Tulisan yang terdiri dari 5 bagian ini bisa dibaca di DevShed.C om
Tips:
Semua tulisan itu terdiri dari beberapa bagian, dan karenanya disajikan bersambung ke beberapa halaman. Kalau ingin menghemat waktu dan biaya pulsa telepon, ada baiknya tulisan tersebut di-save ke hardisk Anda. Caranya, begitu artikelnya muncul, klik saja ikon Print. Seluruh halaman akan tampil dalam satu halaman yang siap di-print, lalu silakan save. Dengan begitu, Anda tak perlu pindah dari satu halaman ke halaman berikutnya.
Sel agi Anda berada di sana, tak ada salahnya Anda menyimak tulisan lain seputar PHP dan MySQL. Rata-rata tulisan yang ada di sana beraroma tutorial. Dan kalau dirasa kurang banyak, silakan mampir juga ke OnL amp.Com.

Install PHP, MySQL, dan Apache di Komputer Anda
Sembar i membaca dua tutorial tadi, kalau Anda memang ingin cepat belajar PHP, amat disarankan Anda menginstall PHP dan MySQL di komputer Anda. Dengan begitu, Anda tak perlu bolak-balik ke hosting sungguhan Anda di internet setiap kali mencoba suatu script atau suatu software semacam portalnya eNdonesia.
Untu k menghadirkan PHP dan MySQL di PC Anda, langkah paling praktis adalah dengan menginstall software PHP dan MySQL yang sudah didistribusikan ke dalam satu paket atau bundel software (ibarat menginstall Microsoft Office Suite: dalam satu paket ada Word, Acces, Excell, dll). Dan umumnya, PHP dan MySQL dibundel sekaligus bersama software web server Apache.
Penggun aan Trio Apache-PHP-MySQL, begitu orang biasa menyebutnya, amatlah direkomendasikan. Perkawinan ketiganya merupakan kombinasi yang amat populer. Tidak percaya? Coba saja datangi setiap penyedia hosting, pasti ketiganya yang dikawinkan. Plus, ketiganya memang software internet yang tangguh. Silakan baca sendiri berbagai review tentang ketiganya.
Dima na mendapatkannya? Sudah banyak kalangan Open Source yang menyediakannya. Kebanyakan membundel ketiganya dengan tujuan agar mudah diinstalasi di sistem operasi Windows (98 dan XP). Benar-benar plug and play. Sedangkan untuk di lingkungan sistem operasi Linux, Redhat misalnya, sudah dibundel langsung dengan distribusi sistem operasinya.
Ber ikut ini daftar bundel trio Apache-PHP-MySQL untuk Windows. Semuanya gratis.
• PhpDev 5 - http://www.firepages.com.au (sekitar 10 MB)
• Xphp - http://www.syscreations.com (5MB)
• EasyPHP - dari ht tp://www.easyphp.org (10MB)
Bundel mana yang paling OK? Rekomendasi sesuai urutan. Alasannya? Coba sendiri dech.
Tips:
G unakan semua bundel itu untuk di pc sendiri. Tapi kalau untuk sungguhan, gunakan hosting yang berbasis Linux. Lebih secure. Yang ada di PC anda sebaiknya hanya digunakan untuk kepentingan test dan development saja.
Mengapa tidak langsung mengambil masing-masing dari website PHP, MySQL, atau Apache? Seperti disebut tadi, bundel itu dibuat agar plug and play: begitu dipasang langsung OK. Kalau mau download satu-satu dan kemudian install satu per satu juga, ya silakan. Bagi pemula, dijamin bakal membuat mumet.
Gudan g Scripts PHP dan MyS QL
Suda h coba install eNdonesia 8.2 dan modul-modulnya? Nggak puas? Silakan cari dan download script atau software portal lainnya. Tak perlu beli. Yang open source, alias gratis, luar biasa banyaknya. Bukan hanya software portal, script apapun yang Anda bayangkan asyik untuk dihadirkan di internet, rasa-rasanya sudah ada yang membuatnya. Mulai dari yang ecek-ecek sampai yang serius dan rumit. Mulai dari biro jodoh, iklan baris, portal, emall, shopping cart, sampai ke virtual office.
Dimana mencarinya? Website berikut jadi gudangnya.
• Hotscripts.Com - direktori aneka script (bukan cuma PHP).
• Sourceforge.Net - markas para developer open source.
• Freshmeat.Net - direktori software open source.
< /p>
Sekilas Open Source
Gamp angnya, open source berarti Anda boleh menggunakan suatu software secara gratis. Juga, Anda boleh mengembangkannya lebih lanjut agar jadi lebih sempurna. Atau sebaliknya, men-downsize-nya agar lebih simpel dan nyaman digunakan. Dan yang lebih asyik lagi, Anda tidak dilarang mendistribusikannya (termasuk menjualnya) asalkan tetap menyebutnya sebagai open source dan menyediakan kodenya secara gratis.
Kekhasan open source lainnya adalah: take it or leave it. Kalau memang suka, ya silakan pakai. Kalau tidak suka, buang saja dan jangan marahi pembuatnya. Dengan kata lain, script open source tak pernah dimaksudkan untuk bisa memenuhi kebutuhan spesifik orang yang memakainya. Sama dengan Anda tak perlu berharap Microsoft bakal bisa membuat software photo/graphic editing sekelas Adobe Photoshop. Atau, jangan berharap Kijang bisa menyediakan semua fasilitas yang ada di Mercy E-Class, dan juga sebaliknya, jangan minta Kijang menghadirkan fasilitas sekelas Bajaj.
Jadi, ketika menggunakan scripts open source, kalau memang kurang puas, ya buang. Atau yang lebih disukai: sempurnakan dan kembangkan lebih lanjut.

No comments:

Post a Comment